Wednesday 26 December 2012

Belajar HTML pemula (Tag)

Assalamu alaikum (السلام عليكم as-salāmu `alaykum) para pencari ilmu. Sekarang saya akan mebagi pengetahuan tentang script HTML. Ingat yaa, cuma SCRIPT bukan tentang sejarah dan sebagainya. OK.... mari kita mulai.

Script atau biasa juga saya menyebutnya tag dasar dari HTML ialah

<...>-----</...>



(<...>) bagian ini disebut tag pembuka. pada bagian titik-titik dituliskan nama tag-nya. Area dari tag adalah pada bagian garis datar (-----). Area ini sering juga saya sebut bagian isi. Sedangkan penutup tag ialah (</...>) dengan ketentuan nama tag pembuka sama dengan nama tag penutup. Implementasi sederhananya dapat dilihat berikut ini.

<title>Belajar HTML</title>

Tag title pada contoh di atas memiliki isi/nilai Belajar HTML.

Struktur dari script HTML terdiri dari tag HTML sebagai pengenalan dimulainya script-nya. Dalam tag HTML terbagi menjadi dua bagian utama. Yang pertama ialah tag head. pada bagian ini dimuat pengaturan umum dari sebuah dokumen HTML seperti tag title dan tautan (link) yang cukup diakses sekali saja. Yang kedua ialah tag body. Tag ini memuat tentang isi dari dokumen HTML, yaitu apa yang akan ditampilkan ketika file HTML tersebut dibuka pada browser. Secara umum dokumen HTML dapat dilihat pada contoh di bawah ini.

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Pada bagian ini berisikan konten yang akan ditampilkan pada saat file HTML diakses pada browser
</BODY>
</HTML>

Cara membuat file HTML sangat mudah, ketikkan saja script contoh di atas pada text editor seperti notepad atau WordPad pada OS Windows. Atau GEdit pada OS Linux. Namun ada pula GEdit untuk OS Windows. Saya lebih suka menggunakan GEdit karena bekerja di Windows ataupun Linux akan terasa sama saja. Ketika hendak disimpan, janganlupa menambahkan .html pada akhir nama file. Misalkan nama file adalah htmldasar.html

Sekian dulu yaa Coretan Tangan saya kali ini. berikutnya saya akan membahas tentang Frame, Text, Table, sampai Form. Mudah-mudahan sedikit ilmu kali ini bermanfaat bagi para pembaca.

Terima Kasih telah mengunjungi Blog saya.

2 comments:

  1. menarik sekali artikelnya tentang belajar html pemula
    terima kasih infonya

    ReplyDelete