Saturday 19 October 2013

Menghapus v9.com Dari Browser

Bagi para penikmat internet terganggu dengan muncul Search Enggine yang bernama V9.com. Nasib kita sama, beberapa hari terakhir browser saya terjangkiti dengan mesin pencari itu. Namun berkat Mbah Pintar v9.com sudah hilang dari browser saya. 

Banyak yang mengatakan bahwa v9.com merupakan situs virus sangat lihai bersembunyi pada komputer kita. Ternyata virus ini tidak hanya ada pada browser tetapi bahkan masuk ke Registry. 

Langkah-langkah menghilangkan V9.com
  • Hal pertama yang dilakukan adalah menghapus settingan yang dibuat secara otomatis oleh v9.com pada browser (Firefox, Chrome, dll) termasuk Plugin dan Add-ins nya, tentunya anda harus benar-benar mengenali plugin atau add-ins apa saja yang ada pada browser anda. Namun anehnya tetap saja pada starup browser halaman yang muncul adalah search.v9.com.
  • Langkah kedua adalah install YAC removal tools. Aplikasi ini dapat Anda Downloah secara gratis. Coba klik di sini. Setelah instalasi selesai, buka YAC maka akan terlihat beberapa tulisan merah yang menandakan peringatan untuk browser anda. Pada bagian kanan-atas terdapat tombol FIX, tekan tombol itu hingga tulisan merah berubah dan tampilannya seperti gambar di bawah ini:
YAC Removal Tool
  • Sampai di sini jangan senang dulu. Memang ketika membuka browser anda, halam pencari v9.com tidak ada lagi, namun saya bilang sebelumnya bahwa virus ini sangat pintar bersembunya. Ketika ada proses otomatis misalnya pemasangan plugin atau add-ins otomatis maka tentunya yang bekerja 
  • Sekarang buka REGEDIT (Start Menu-->Run-->Ketikkan "regedit"). Lakukan pencarian tentang segala hal yang mengandung "v9.com" (Ctrl+f atau Menubar Edit-->Find)

  • Perhatikan baik keyword pencarian (Find what) dan tiga tanda centang di bawahnya (Look at). Kemudian tekan tombol FIND NEXT, maka akan muncul beberapa registry yang salah satunya adalah di bawah ini. 

  • Hapus saja ketiga registry tersebut supaya lebih amannya. 
  • kemudian jika dalam pencarian ditemukan keyword yang sama pada registry YAC, menurut saya dihapus saja. karena ada beberapa pendapat yang mengatakan jangan mudah percaya pada Removal Tools. jangan sampai aplikasi itu juga termasuk alat yang sengaja dibuat untuk kepentingan virus itu sendiri.
  • Jika saat menghapus registry tersebut tidak sukses, klik menubar-->edit-->permissions--> pilih Administrator
  • Jika masih belum bisa terhapus, coba uninstall YAC. kemudian lakukan penghapusan kembali.

OK...
SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment